Mooner!

Nasihat keliru!
Serikat penyembuh!

image

Sekitar pertengahan april 2017, Mooner merilis album pertama. Saat itu pula saya ingin langsung mencari CD nya.  Tapi faktanya belum juga terbeli sampai sekarang. Bukan karena sulit didapat melainkan karena alasan klasik, yaitu karena Album bertajuk Tabiat tersebut juga tersedia di Spotify. Haha Ketimbang harus menunggu (karena musti beli online) saya memilih mendengarkannya via Spotify saja dulu. Saya ucapkan terimakasih pada teknologi! Haha Tapi saya janji akan segera membeli CD album itu. Apalagi cover depan nya memang sangat pantas untuk dimiliki!

image

Sebelum albumnya rilis, saya hanya tahu Mooner adalah band baru dari Rekti The Sigit. Sedangkan musik mereka dan siapa personil lainnya, saya tak peduli.

Nah, saat pertama kali mendengarkan album Tabiat, ternyata saya langsung kaget. Ternyata vokalis Mooner adalah seorang perempuan. Tak pernah terpikirkan oleh saya kalau seorang Rekti Yoewono akan punya band dengan vokalis perempuan. Sempit sekali persepsi saya. Haha

image

Lalu hal kedua yang juga mengagetkan adalah liriknya berbahasa indonesia semua. Jelas tidak biasa, karena selama ini Rekti bersama The Sigit selalu lekat dengan lirik bahasa Inggris. Bukan maksud terang-terangan mengaitkan Mooner dengan The Sigit, tapi ini lebih ke mindset pribadi saya terhadap nama Rekti Yoewono saja. Lagi-lagi persepsi saya memang sempit. Haha

Tapi dua hal tak terduga itu berdampak positif buat saya. Lirik berbahasa Indonesia serta vokal perempuan menjadi kunci yang membuat Mooner terdengar segar dan berbeda di telinga saya.

image

Mooner terdiri dari beberapa nama yang sebelumnya sudah aktif bermusik, Vokal : Marshella Safira (Sarasvati), Gitar: Absar (The Slave), Drum :Tama (Sigmun) dan Bass : Rekti (The Sigit). Masing-masing personil memainkan peran dengan prima. Vokal, gitar, bass, dan drum tak ada yang pincang, selalu bisa melesat setara.

Bisa dibilang Mooner memang sudah punya jaminan mutu untuk musiknya. Mereka berkutat dengan heavy rock , hard rock pula rock era 70’an. Nuansanya sedikit gelap dan kelam. Dominan menghentak namun dengan banyak imbuhan lain yang istimewa. Menariknya lagi, di beberapa bagian juga disematkan aksen-aksen etnik yang membuatnya tambah apik, lebih berciri dan makin istimewa.

Riff-riff gitar berbahaya bertebaran dimana-mana. Pemilihannya bisa dibilang selalu tepat dan brilian. Dari yang pelan dan ringan hingga yang kencang semuanya selalu tepat sasaran. Makin didukung pula oleh hasil sound albumnya yang ciamik. Terdengar sukses menghadirkan ciri musik rock lawas yang begitu baik untuk era sekarang. Maksimal.

image

Sementara ini ada 4 nomor yang paling  favorit buat saya: Fana, Serikat Penyembuh, Ingkar dan Seruh. Di ke empat lagu ini lah saya paling sering ikut bernyanyi. Haha Tak sabar rasanya ingin segera membeli CD nya, tentu untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih prima.

Akhir kata, Mooner adalah unit rock anyar yang mencoba menawarkan musik rock berbahaya versi mereka. Memainkan Heavy Rock yang kompak bersatu bersama vokal perempuan nan merdu.
Langka dan berbahaya bukan?

2 thoughts on “Mooner!

Leave a Reply

