Nasi Padang Everyday!

Jika saya diasingkan ke Mars dan hanya bisa memilih satu jenis makanan bumi untuk bertahan hidup disana, maka tanpa pikir panjang saya pilih Nasi Padang!

Kenapa nasi padang? Ya karena lauknya ada beraneka ragam. Haha Dari telur dadar, perkedel, ayam goreng, ayam gulai, ayam rendang, rendang daging, gulai ikan kakap, ikan kembung sampai ikan tongkolpun ada tersedia melengkapi nasi padang. Dengan adanya nasi padang di Mars, minimal saya bisa gonta-ganti lauk setiap harinya. Dengan begitu saya aman dari bosan. haha

image

( Foto: http://4.bp.blogspot.com )

Mungkin kelemahannya ada pada sayurnya yang cuma daun ketela dan gulai nangka saja. Tapi tak apa, itu tak terlalu jadi perkara. Selagi masih ada kuah atau bumbu nasi padang, perihal sayur mayur tak terlalu menjadi soal. Haha Buat saya, kuah atau bumbu di nasi padang sudah lebih dari cukup. Khususnya bumbu rendang yang begitu handal mengganjar lidah dengan cita rasa kuatnya. Sangking saktinya, kerupuk bisa menjadi lauk yang begitu nikmat dan berlipat ganda istimewa saat disantap bersamanya. Bintang lima!

image

Nasi Padang Everyday!
Semboyan itu saya peroleh dari sebuah band bernama Mooner yang belakangan baru saya dengarkan. Mereka ternyata punya kebiasaan makan nasi padang tiap rampung latihan. Lalu lahirlah istilah tersebut yang mungkin tujuannya ingin menjelaskan bahwa nasi padang punya andil peran dalam karya mereka. Haha Menarik. Darisitulah ide tulisan ini tercipta, sebuah kesadaran akan kebiasaan seringnya menyantap kudapan bernama nasi padang.

image

( Foto : http://www.pinterest.com )

Semenarik itulah nasi padang buat saya. Memang tak sampai menjadi kebutuhan, tapi nasi padang sering jadi andalan. Buat saya, nasi padang tak pernah membosankan. Dalam seminggu saya bisa saja lebih dari tiga kali menyantap nasi padang. Bahkan pernah dalam satu hari saya menyantap nasi padang dua kali. Saya tidak akan menggerutu karena makan dengan varian yang kembali sama jika itu adalah nasi padang.

Tak perlu repot-repot menjadi orang padang untuk bisa menyukai nasi padang. Saya asli Jawa dan dari kecil tinggal di Jawa. Meski lebih terbiasa menyantap makanan yang cenderung di masak manis, tapi nyatanya nasi padang bisa tetap saya terima dan memuaskan saya. Dan saya yakin itu tidak terjadi hanya pada saya. Saya hakulyakin bahwa banyak orang yang tidak punya masalah dengan nasi padang, semua doyan makan nasi padang!

Lauk nasi padang favorit saya ada tiga : rendang daging, gulai cincang, dan gulai kakap. Sangat sulit bagi saya untuk menentukan mana yang paling juara di antara ketiganya. Tapi sejauh ini rendang memang lebih sering jadi pilihan karena dominan mudah ditemukan. Gulai kakap cenderung agak jarang karena selama ini saya lebih sering kehabisan. Sedangkan gulai cincang menjadi yang paling sulit karena tidak semua warung atau restoran nasi padang memasak gulai cincang. Tapi yang jelas ketiganya sejajar menjadi lauk favorit saya dalam perihal nasi padang. Haha

image

( Foto : http://www.pinterest.com )

Mars dan Nasi Padang hanyalah guyonan atau perandaian belaka. Saya cuma bermaksud berbagi informasi yang sangat penting, yaitu informasi bahwa saya suka nasi padang. Itu saja poinnya. Haha

Dan sebenarnyapun masakan terfavorit saya juga belum tentu benar nasi padang. Karena sampai saat ini dan sampai kapanpun masakan mama saya selalu menjadi primadona buat saya. Semur, lodeh, sayur asem, sayur bayam, sambel santan, sambel kelapa, dan masih banyak lainnya. Semuanya adalah yang terbaik yang bisa beliau berikan buat saya. Bahkan sebungkus indomie pun, kalau beliau yang buat pasti akan terasa lebih istimewa. Haha

Tapi apabila memang saya benar-benar harus diasingkan ke Mars, maka saya akan lebih memilih masakan mama saya ketimbang nasi padang belaka. Haha Tapi sebelum berangkat ke Mars, terlebih dahulu akan saya pinta beliau belajar memasak nasi padang.
Minimal bumbu rendang. 😀

Leave a Reply

